Menjaga Privasi di Dunia Maya

jangan sembarangan upload dokumen penting!

Pagi-pagi saya dikejutkan oleh ulah seorang kawan. Dia baru saja diwisuda dari jurusan Matematika ITS. Mungkin saking bangganya, dia mengunggah (upload) scan ijazah dan transkrip nilainya ke facebook!

Di jaman yang apa saja bisa dipalsu ini, menampilkan dokumen penting ke ranah publik adalah perbuatan yang sangat berbahaya dan bisa merugikan diri sendiri serta orang lain.

Ya, internet adalah ranah publik karena siapa saja bisa mengaksesnya secara bebas. Bagi orang jahat, melihat transkrip dan ijazah lengkap tanpa sensor sedikitpun akan terlintas untuk menyalahgunakannya untuk hal negatif. Misalnya si jahat akan membuat ijazah palsu atas nama orang lain menggunakan nomor register yang tertera di ijazah asli itu.

Mungkinkah?

Kenapa tidak mungkin? Saat ini kan sudah banyak terjadi penyalahgunaan dokumen rahasia seperti itu. Saya mengamati ada banyak perusahaan yang menampilkan scan dokumen akta pendirian perusahaan, SIUP, NPWP bahkan KTP penanggungjawabnya. Padahal dokumen itu bisa dibilang rahasia dan tidak semestinya ditampilkan di muka publik.

Apa yang terjadi? Dokumen perusahaan tersebut dicomot oleh orang yang tidak bertanggungjawab untuk mengeruk keuntungan pribadi. Misalnya: mendaftarkan domain .co.id atas nama perusahaan itu!

Ah itu kan gak bahaya, biarin aja orang mendaftarkan domain .co.id perusahaan kita untuk dia pakai sendiri. Lho, itu hanya salah satu contoh yang paling remeh. Contoh yang lebih bahaya: menggunakan dokumen itu untuk mengikuti tender, mengajukan utang ke bank, dan sebagainya!

Makanya hati-hati bro, jangan sembarangan upload dokumenmu!

4 thoughts on “Menjaga Privasi di Dunia Maya

  1. novi

    setuju.

    terkait domain .co.id saya pernah mendengarnya. sampai2 dikemudian saat register dan upload data saya tak lagi memberi nama file identik dengan isinya.

  2. aRuL

    hmm… byk kejadian yg seperti ini terjadi, di kaskus jg banyak beredar.. jangan asal scan atau upload di internet..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *