Tangkal Spammer, Install reCAPTCHA

Entah mengapa setiap hari blog ini selalu dibanjiri ribuan komentar spam. Bagi yang belum tahu, spam adalah komentar yang tidak dikehendaki oleh pemilik blog atau website.

Mengapa tidak dikehendaki? Karena komentar itu tidak nyambung dengan isi artikel dan biasanya disertai link promosi.

Kok bisa tidak nyambung? Iya, karena yang mengirimkan komentar itu bukan manusia, melainkan program komputer yang memang ditugasi untuk melakukan spamming!

Sebenarnya saya sudah menginstall plugin penangkal spam andalan WordPress, yaitu AKISMET. Namun ternyata para programmer spam telah berhasil mengelabuhi AKISMET sehingga ribuan spam berhasil menembus blog saya.

reCAPTCHAAkhirnya malam ini saya putuskan untuk menginstall satu plugin lagi untuk menangkal spam-spam tak berguna itu. Siapapun yang ingin meninggalkan komentar akan diminta untuk menebak tulisan berupa gambar. Jika benar, komentar akan masuk. Jika salah, komentar tidak bisa masuk.

Plugin sakti besutan Google itu namanya reCAPTCHA. Sudah ada banyak website, blog dan forum yang menggunakan plugin ini untuk menangkal spam, dan berhasil.

Semoga dengan menginstall plugin ini DETEKSI.INFO juga akan terbebas dari spam yang merepotkan saya 😉

One thought on “Tangkal Spammer, Install reCAPTCHA

  1. efahmi

    belum sempat ngincipi recaptcha via mobile browser, koneksi mobile lagi lelet soale, timed out terus. recaptcha ini apa sekarang sudah bisa bekerja dg baik di mobile browser ya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *