Pilih Blackberry atau Android?

blackberry vs androidMemilih gadget ternyata bukan perkara mudah. Setidaknya itulah yang dialami oleh beberapa kawan saya. Mereka bertanya kepada saya, sebaiknya mereka membeli handphone biasa, blackberry, handphone berbasis android, atau iphone?

Pertama yang harus dijawab adalah apa yang membuat kamu bingung? Harganya, modelnya, fungsinya, gengsinya, atau apa?

Memilih Berdasarkan Harga

Jika kebingunganmu disebabkan karena harganya, ini sangat mudah untuk diatasi. Lihat saja isi kantongmu, cukupnya dibuat membeli handphone yang mana? Lihat pula kemungkinan untuk membeli handphone itu dengan cicilan kartu kredit. Cicilan yang ideal menurut saya adalah 6 bulan. Sedangkan cicilan 12 bulan menurut saya terlalu panjang. Bisa-bisa cicilannya belum lunas tapi sudah bosan dengan handphonenya.

Lalu bagaimana jika ternyata kamu kadung cinta mati dengan sebuah merek dan type handphone, tapi harganya berada di luar jangkauan, dan tidak bisa dibeli dengan cicilan?

Memanfaatkan Iklan Baris

Gampang. Beli saja handphone bekas. Kamu bisa memanfaatkan situs iklan baris untuk mendapatkan handphone bekas berkualitas. Jika belum terbiasa bertransaksi secara online, situs iklan baris bisa dijadikan acuan harga supaya kamu tidak terjebak mendapatkan handphone bekas dengan harga yang terlalu mahal :p

Memilih Model yang Tepat

Oke, masalah harga sudah selesai. Mari kita bahas masalah yang lain, yaitu model dan gengsi. Untuk memilih model, jatuhkan pilihan ke handphone yang membuat kamu benar-benar suka. Jangan terpengaruh komentar teman karena yang akan menggunakan handphone itu adalah kamu sendiri. Saran saya, pilihlah handphone dengan model yang kamu sukai, dan kalau bisa modelnya gak cepat basi ;)

Gengsi atau Fungsi?

Nah pertimbangan terakhir ini yang sering membuat orang bingung. Mana yang harus dikedepankan, gengsi atau fungsi? Kamu tentunya punya prioritas sendiri. Tapi saran saya sebaiknya gengsi ditaruh di belakang. Jangan sampai membeli handphone hanya karena gengsi, tapi akhirnya malah gak banyak membantu aktifitas kamu.

Memilih Blackberry artinya kamu akan menggunakan Blackberry Messenger (BBM) untuk terhubung dan berdiskusi secara intensif dengan rekan kerja atau kawan komunitas, juga menggunakan push mail untuk berkirim email dalam frekuensi yang sangat sering namun tidak sempat membuka komputer atau laptop.

Memilih Android artinya kamu akan mendapatkan kemudahan dalam memodifikasi program apa saja yang akan ditambahkan ke dalam handphone android kamu. Ada ribuan, bahkan jutaan, aplikasi gratis yang bisa didapatkan dari Android Market. Yang perlu diketahui, Android juga bisa digunakan untuk YM-an dan mengelola email ;)

Jangan membeli blackberry dan android, jika ternyata kamu hanya akan menggunakan handphone kamu untuk telepon dan SMS, beli saja handphone biasa ;)

13 thoughts on “Pilih Blackberry atau Android?

  1. Anas

    Mas, saya suka pesan yang terakhir itu.

    Jangan membeli blackberry dan android, jika ternyata kamu hanya akan menggunakan handphone kamu untuk telepon dan SMS, beli saja handphone biasa.

    It’s me..

  2. aRuL

    “Jangan membeli blackberry dan android, jika ternyata kamu hanya akan menggunakan handphone kamu untuk telepon dan SMS, beli saja handphone biasa”
    Betul om, saya masih menggunakan hape lama saya walau cuman bisa buka opera mini dg sering error tapi lumayan utk online di jalan and blum membutuhkan hp model tersebut *maklum ngak duit sih maksudnya :mrgreen”*

  3. Adib mahdy

    saya pilih android..karena saya penggemar Linux hheh..
    Lagi pula harganyan tak beda jauh dan saya lebih mengutamankan Fungsi darin pd gengsi hehe

  4. Luvie

    sepakaaaat.. klo ngikutin trend gadget sih gak akan ada habisnya dan gak akan pernah ngerasa puas.. mending klo aktif di pake tlp2an dan sms. klo malah jarang di pake, buat apa bingung pilih Blackberry atau android.. :p

  5. single fighter

    Setuju saya pakai onyx 2 dan samsung nexus, i phone 4…fungsinya ??.. cuma bbm buka email ma main game doaang …ngikutin gadget udah tobat ..

  6. rbravo

    android bagus buat kreativitas, banyak aplikasi gratis u/ balita sampai dewasa kalo nggak terjangkau tabletnya cukup hpnya sajalah

  7. moenib

    android dan BB merupakan lifestyle/gaya hidup. masyarakat saat ini hanya sebagai masyarakat konsumer tanpa memandang tujuan utama komunikasi. gaya hidup hanya dimiliki kalangan yang termakan kapitalisme modern saat ini. bukan gengsi namun terhipnotis oleh produk kapitalisme.

  8. isdindo

    Lebih suka dengan hape jadul, yang penting bisa sms dan telpon. Kalau untuk internet mending pakai netbook atau laptop. Biar lebih lega.. :D

  9. kang didit

    Bingung??? Udah punya Android disuruh bos beli BB, alasannya biar komunikasi lancar. Padahal hanya BBM-an thok, kayak SMS tapi lebih multifungsi. Atau email. Murah se dari segi biaya operasionalnya. Namun mahal harga barangnya. Gimana ya….beli gak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>