4 Tipe Klien Berdasarkan Hubungan antara Budget dan Taste

Nemu kartun lucu ini di facebook Ichal Kecil. Dan ternyata cocok dengan kondisi saat ini di industri kreatif. Pernah mengalami sendiri mendapatkan keempat jenis klien tersebut.

4 tipe klien berdasarkan budget dan taste

4 tipe klien berdasarkan budget dan taste. Klik untuk melihat versi lebih besar

Yang paling bikin mangkel tentu saja tipe klien yang terakhir, budgetnya kecil tapi maunya banyak. Baru-baru ini dapat klien model ini.

Di awal perjanjian dia menjelaskan hal yang sangat sederhana. Begitu waktunya pengerjaan, katalog tebal berisi produk-produknya dia minta dimasukin ke website semua. Tidak ada file digitalnya pula, jadi otomatis harus scan dan crop satu per satu.

Oke, sabar, karena di perjanjian tidak disebutkan detail pekerjaan. Hanya mengerjakan website company profile terdiri dari halaman produk, profil dan contact. Nah ternyata halaman produknya ini yang amat sangat banyak.

Nah, begitu sudah selesai, sebulan kemudian, dia minta revisi lagi tentang tata letak dan urutan produknya yang jumlahnya ratusan itu! Iya kalo hanya gambar, tapi gambar plus dengan lightbox! Ck ck ck..

Yah, semoga klien-klien berikutnya yang tipe pertama saja: budgetnya banyak, seleranya tinggi. Atau tipe dua: budgetnya banyak, seleranya asal. Yang penting budgetnya banyak, hehehe…

3 thoughts on “4 Tipe Klien Berdasarkan Hubungan antara Budget dan Taste

  1. ndop

    wekekekek… pernah baca di facebook juga, hahahaha.. klo klien empat itu aku punya SATU dan sangat menjengkelkan memang.. tapi gak papa, yg penting dia mau bayar, walau di akhir..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *