Kasus Pembajakan Logo ITS Happy Ending?

Masih ingat dengan kasus pembajakan logo ITS oleh perusahaan Rusia bernama InkomTehSnab? Waktu itu publik dihebohkan dengan temuan logo sama persis dengan logo ITS dipasang di website sebuah perusahaan asal Rusia.

Sempat ada yang bertanya-tanya, siapa sebenarnya yang membajak. Salah seorang dosen ITS mendapatkan konfirmasi dari perusahaan Rusia tersebut bahwa logo mereka dipesan dari perusahaan yang kini sudah tidak bisa dikontak. Secara implisit mereka mengakui bahwa mereka salah dan berjanji akan mengganti logo bajakan tersebut paling lambat 2 minggu dari waktu itu.

Namun dua minggu berselang, perusahaan Rusia tersebut masih belum mengganti logonya hingga Rektor ITS dikabarkan akan menempuh jalur hukum. Situs berita SUARAKAWAN.COM adalah salah satu yang melaporkan kebandelan perusahaan Rusia tersebut.

Namun rupanya perusahaan Rusia itu keder juga. Malam ini kami kembali memeriksa website mereka dan ternyata logo hasil bajakan tersebut sudah diganti dengan logo yang baru.

Kasus Logo ITS Dibajak Perusahaan Rusia

Transformasi Logo InkomTehSnab

Namun patut disayangkan bahwa logo baru tersebut masih ada kemiripan dengan logo hasil bajakan ke logo ITS. Yaitu pada karakter font “ITS” dan siluet roda gerigi yang sudah sejak awal menjadi ciri khas logo ITS. (*)

8 thoughts on “Kasus Pembajakan Logo ITS Happy Ending?

  1. ndop

    text nya masih sama ya… kalao urusan roda bergerigi itu gak papa mas.. itu elemen logo sing wis”umum”…

  2. jufree

    kalo masalah font : banyak pula logo indonesia yang pake font orang tanpa permisi……………. kita punya budaya membajak karya orang mulai barang kecil sampe software…tapi kita sendiri mencak2 kalo hasil karya kita dibajak orang……………..#duhpayah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *