Procil Alias Properti Kecil, Memulai Bisnis Properti Sendiri

Oleh: Budiono Sukses (pengamat dan praktisi bisnis kecil-kecilan)

Istilah PROCIL alias PROPERTI KECIL mulai muncul belakangan ini. Istilah tersebut menggambarkan sebuah bisnis pengembangan properti (rumah, rumah toko alias ruko, rumah kantor alias rukan) dalam skala kecil. Kecil di sini maksudnya kecil luas area-nya, sedikit jumlah propertinya dan mungkin sedikit alias kecil pula harga jualnya (meskipun tidak selalu).

properti kecil

Berbeda dengan developer perumahan yang bisa membangun kawasan perumahan dengan ratusan unit rumah berbagai tipe, pengusaha procil membangun rumah beberapa unit saja dalam satu lokasi. Bisa hanya 1 unit, 2 unit, 4 unit, atau 10 unit.

Bisnis properti kecil ini naik daun seiring dengan meningkatnya kebutuhan akan rumah, terutama di kota besar yang lahannya semakin terbatas sedangkan permintaan semakin meningkat. Di Surabaya sendiri saya amati ada beberapa pemain bisnis procil ini.

Mereka membangun beberapa unit rumah di lokasi yang belum begitu mahal, lalu menawarkan melalui internet. Lengkap dengan fasilitas Kredit Pemilikan Rumah seperti pada developer perumahan besar. Atau bisa juga membangun rumah di lokasi yang sedang naik daun dengan menyiasati luas tanah per bangunan.

Misalnya beli tanah 4 kavling ukuran 10 x 20, lalu dibuat 5 rumah ukuran 8 x 20. Atau jika rumahnya mau dibuat lebih kecil lagi juga bisa. 4 kavling 10 x 20 dibuat menjadi 10 rumah ukuran 8 x 10 yang saling membelakangi.

Untuk pendanaan, procil juga bisa bekerjasama dengan bank dengan sistem KPR rumah inden (bayar dulu baru dibangun). Atau bisa juga pembeli diwajibkan membayar cash keras di depan jika tidak mau berurusan dengan bank. Jika pengusahanya sudah punya modal sendiri, bisa juga pengembang procil mendanai dulu rumah yang dibangunnya lalu dijual dalam kondisi ready stock alias siap huni.

Sebenarnya ada banyak strategi untuk berbisnis procil ini tanpa modal sendiri. Tanahnya bisa bekerjasama dengan pemilik lahan. Bahan bangunan bisa bekerjasama dengan supplier bahan bangunan. Promosi bisa memanfaatkan internet secara gratis namun efektif. (Tapi kesuksesan eksekusi strategi ini tentunya tergantung banyak faktor, dan bisa menemukan strategi lain seiring bertambahnya jam terbang).

Keuntungan bisnis procil bisa didapat dari pembagian kavling tanahnya, bisa dari konstruksinya dan dari mana saja yang mungkin. Efisiensi bisa dilakukan sana sini untuk meminimalkan biaya dan memaksimalkan keuntungan.

Yang perlu diperhatikan jangan sampai mengorbankan kualitas konstruksi demi mengeruk keuntungan sebanyak-banyaknya. Faktor keselamatan dan keamanan juga harus diperhatikan. Jika penghuni rumah celaka akibat kegagalan konstruksi, maka pembuatnya bisa dikenakan pasal. Ini justru akan menyimpan bom waktu!

Prospek bisnis procil sangat cerah. Terbukti dari beberapa pebisnis procil yang saya amati, kebanyakan selalu bisa menjual rumah yang dibangunnya dalam waktu cepat. Semakin cepat dibangun, semakin cepat laku, semakin baik. Bisa memulai membangun di tempat lain.

Nah, buat kawan-kawan alumni Teknik Sipil dan Arsitektur, daripada wira wiri nyari kerjaan, mendingan memulai bisnis properti kecil ini. Sebenarnya gak pandang alumni apa sih, yang punya insting dan keberanian bisnis, bisa juga memulai bisnis yang prospeknya cerah ini!

Kamu tertarik dengan bisnis procil ini tapi masih bingung mau memulai dari mana? Butuh partner berpengalaman dan bisa diandalkan? Segera kontak saya! 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *