Error: {telno=TelephoneNo should be between 4-12 digits} WHMCS 6

Baru saya saya mengupgrade billing system istanahosting.com ke WHMCS versi 6 Bisa dikatakan ini terlalu cepat saya lakukan karena biasanya saya menunggu beberapa hari hingga ada laporan bug di forum-forum hoster.

Kali ini saya ingin cepat mengupgrade ke versi terbaru ini karena sebentar lagi lebaran. Dan sedang banyak order, bertepatan pula dengan ulang tahun Istana Hosting yang ke 7. Wow.. Tidak terasa sudah 7 tahun dan alhamdulillah masih eksis hingga saat ini. Tidak sekedar bertahan, tapi bertumbuh 😉

Kembali ke error Error: {telno=TelephoneNo should be between 4-12 digits} tadi. Error tersebut muncul ketika saya create / mengaktifkan domain baru milik klien. Ini adalah domain yang ke sekian kali. Dulu ketika memakai WHMCS versi 5.14 masih lancar tidak muncul pesan error seperti tadi.

Mengapa setelah upgrade ke versi 6 kok malah error seperti itu? Beberapa artikel di forum diskusi beluma da yang cocok solusinya. Semoga dengan saya tulis ini ada yang bisa urun rembug mengatasinya.

UPDATE: Ternyata Problem di WHMCS

Karena penasaran, akhirnya saya coba kembalikan modul registrar ke versi sebelumnya. Modulnya saja, bukan keseluruhan WHMCS. Ternyata masih tetap gak bisa. Sungguh tersiksa jika setiap hari create banyak domain secara manual.

Maka saya menghubungi WHMCS, menyampaikan adanya masalah ini. Awalnya dijawab bahwa itu karena nomor HP pelanggan terlalu panjang melebihi batas. Lalu saya jelaskan bahwa sejak dulu nomor HP pelanggan sudah panjang begitu dan tidak ada masalah di versi sebelumnya.

Akhirnya dapat jawaban seperti ini:

whmcs registrar module error

Jelas sudah bahwa masalah ini muncul ketika terjadi peralihan dari versi 5.3.14 ke versi 6. Solusinya untuk sementara sambil nunggu patch resmi:

  • Mengedit nomor HP jadi pendek (artinya nomor HP nya dibuat tidak valid sesuai aslinya dong? nanti kalo lupa ngedit lagi bisa bahaya pas mau kontak-kontak gak nyambung)
  • Create domain secara manual di panel domain dari si registrar

Saya pilih cara kedua. Semoga patch resmi segera dikeluarkan supaya gak manualan begini. Karena kalau manualan harus buka laptop dulu. Sungguh gak efisien ketika musim liburan Idul Fitri begini ke mana-mana bawa laptop haa..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *