Cara Melancarkan ASI Secara Alami

Mengapa Menyusui Selama 2 Tahun Non Stop?

Air Susu Ibu atau ASI adalah makanan terbaik untuk bayi sejak lahir hingga usianya mencapai 2 tahun kelak. Masa 6 bulan pertama adalah masa genting dimana seorang bayi hendaknya hanya minum ASI saja, tidak ditambahi makanan dan minuman yang lain.

nursing-pillow-best-breastfeeding-mom-baby-support

Baru saat usianya menginjak 6 bulan, maka si bayi mulai diperkenalkan dengan Makanan Pendamping ASI alias MPASI. Itupun secara bertahap, tidak langsung makanan kasar, tapi dari halus dulu lalu makin kasar dan makin kasar.

Oleh karena itu seorang Ibu yang baru melahirkan dituntut untuk dapat memproduksi ASI secara lancar dan banyaknya mampu mencukupi kebutuhan si bayi. Khususnya selama 6 bulan pertama masa ASI ekslusifnya, dilanjut hingga usia anak mencapai 2 tahun.

Bagaimana Supaya ASI Lancar Hingga 2 Tahun?

Supaya ASI keluar terus sejak bayi lahir hingga usianya 2 tahun kelak, maka perhatikan beberapa hal di bawah ini:

  • Ibu harus mendapatkan asupan gizi yang berimbang sebagai bahan baku produksi ASI.
  • Perbanyak makan sayur dan buah.
  • Perbanyak minum air bening
  • suasana hati Ibu juga harus selalu riang gembira
  • Mendapat dukungan dari suami dan orang tua / mertua
  • Mendapatkan nutrisi yang bermanfaat untuk memacu produksi ASI

Apakah Ukuran Payudara Berpengaruh Pada Banyaknya ASI?

Banyak yang berangggapan bahwa memiliki payudara yang besar adalah jaminan bahwa nanti anaknya tidak akan kehausan karena produksi ASI nya lancar dan banyak.

Nyatanya, produksi ASI dipengaruhi oleh banyak hal. Pertanyaan tadi sama seperti apakah semakin besar pabrik maka semakin banyak pula produk yang dihasilkan?

Secara logika memang iya. Namun faktanya tidak selalu begitu. Lalu apa gunanya dapat menghasilkan produk yang banyak jika kebutuhan para pengguna produk itu ternyata tidak sebanyak kapasitas produksinya?

Demikian juga ASI, secara logika, ASI yang mampu diproduksi oleh payudara yang besar memang harusnya juga banyak. Tapi ternyata banyak faktor lain yang mempengaruhi produksi ASI ini, bukan hanya ukuran besar kecilnya payudara Ibu.

ASI dibilang cukup adalah ketika ia mampu memenuhi kebutuhan si bayi sehingga si bayi tidak perlu diperkenalkan dengan susu formula. Cukup ASI lah sebagai makanan terbaiknya!

Bagaimana Jika ASI Tidak Segera Keluar Setelah Bayi Lahir?

Tidak usah panik, tidak usah cemas. Karena si bayi ketika lahir, menurut beberapa sumber dan penelitian, sudah dibekali dengan makanan untuk bertahan hidup selama minimal 2 hari.

Jadi ketika bayi baru lahir dan ASI belum keluar dengan lancar, jangan buru-buru memberinya dengan susu formula. Teruslah berusaha untuk memberikan ASI kepada si bayi. Ketika Anda melahirkan di RS, maka mintalah rawat gabung antara Ibu dan bayi. Istilahnya rooming in. Sehingga Ibu segera bonding dengan si bayi.

Sering latihan dan teruslah bersabar dan berusaha. Maka ASI akan mulai keluar dan dapat segera diminumkan kepada si bayi.

Peran Konselor Laktasi

Bagaimana jika setelah semua usaha dilakukan tapi ASI tidak juga keluar? Mintalah bantuan konselor laktasi. Biasanya di setiap RS, setelah Ibu melahirkan maka akan dijadwalkan untuk mengikuti kelas laktasi dan belajar menyusui.

Jika di RS tempat Anda melahirkan tidak ada konselor laktasi, Anda bisa menghubungi konselor laktasi di tempat lain. Cobalah mencari grup facebook yang fokus membahas Ibu menyusui. Biasanya di sana ada konselor laktasi dari berbagai kota.

Cara Melancarkan ASI dengan Nutrisi Herbal

Jaman sekarang semua serba  mudah didapatkan. Termasuk nutrisi herbal yang dapat membantu memperlancar ASI. Tidak ada salahnya Ibu mencoba mengonsumsi nutrisi herbal yang dapat memperlancar ASI tersebut.

Salah satu nutrisi herbal untuk memperlancar ASI adalah produk ASI BOOSTER TEA yang telah dikenal oleh masyarakat luas dan telah terbukti dapat memperlancar ASI hingga 900%. Sudah banyak yang membuktikan itu.

asi booster murah

Jika Anda ingin mencoba ASI Booster Tea ini, coba beli di www.istanabayi.co.id yang sudah melayani penjualan ASI Booster Tea dan bisa kirim ke seluruh Indonesia.

Atau hubungi nomor PIN BB dan WA yang ada di gambar di bawah ini.

cara memperlancar asi

Selamat menyusui ya Bunda. Semoga ASI nya lancar dan bayinya bahagia sejahtera…

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *