Harga Mobil Tata Nano di Indonesia

Berawal dari broadcast messages yang beredar secara viral di WA, berisi gambar mobil Tata Nano yang mungil menggemaskan, disertai dengan perkiraan harganya yang sungguh murah, seperti gambar di bawah ini, maka saya kemudian mencari informasi berapa harga sesungguhnya dari mobil buatan India ini.

spesifikasi tata nano indonesia

Menurut gambar di atas, Tata Nano mengeluarkan 4 varian, yaitu:

  1. Tata Nano Std BSIII 624 cc
  2. Tata Nano Std BSIV 624 cc
  3. Tata Nano Cx BSIII 624 cc
  4. Tata Nano Cx BSIV 624 cc

Tidak tampak perbedaan mencolok diantara empat-empatnya. Seperti mobil yang lain, perbedaan varian biasanya hanya terkait dengan aksesoris, namun mesin dan bodinya secara umum adalah sama. Terlihat dari besaran kapasitas silinder yang akan menggerakkan mobil ini, yaitu sebesar 624 cc

Jika dibandingkan dengan sepeda motor Honda Vario 150, atau Honda CBR 150, maka harga Tata Nano ini terbilang sangat murah. Bagaimana tidak, dengan harga yang hampir sama, Tata Nano sudah menggunakan mesin 624 cc sedangkan sepeda motor honda hanya 150 cc.

Dan lagi, Tata Nano adalah sebuah mobil dengan 4 roda. Meskipun kemungkinan nanti torsi yang dihasilkan akan tidak jauh berbeda dengan sepeda motor honda mengingat mesin 624 cc dipakai menggerakkan 4 roda beserta body yang seringan-ringannya mobil tentu masih akan berada di atas 100 kg.

Harga Tata Nano 2016 di Indonesia

Nah jika melihat sumber yang lain, ada sedikit perbedaan pada harga Tata Nano yang telah beredar di Jakarta. Lihat tabel di bawah ini.

harga mobil tata nano indonesia

Perbedaan harganya memang tidak banyak. Dan varian yang ada di tabel di atas ini juga lebih banyak, yaitu ada 6 varian. Melihat harganya yang sedemikian murah, kemungkinan mobil ini akan memiliki kelemahan di beberapa tempat. Misalnya fitur keamanan seperti airbag, atau mungkin malah belum memakai power steering? Bisa jadi!

Kemungkinan lagi, mobil ini juga tidak akan dilengkapi dengan sistem audio. Bahkan mungkin tidak pakai pendingin ruangan. Menurut saya tidak masalah dengan ketiadaan 2 fitur tersebut, mengingat mobil sekecil ini mestinya hanya dipakai untuk jarak dekat saja.

Nah sebagai gambaran, bisa dilihat video berikut ini tentang gambaran Tata Nano. Ternyata tidak terlalu kecil kok. Dan yang ini sudah dilengkapi dengan audio system.

Yang jelas saat ini Tata Nano belum saya lihat pamerannya di Surabaya. Sebenarnya pengen banget melihat mobil ini dari dekat, dan jika memungkinkan akan melakukan test drive. Kalau ternyata nyaman, tidak ada salahnya mencoba beli 1. Heheh..

Beberapa kali saya lewat dealer mobil Tata yang ada di Jl.AR.Hakim juga belum melihat adanya penampakan mobil mikro ini. Kalau sudah ada, saya ingin mampir melihat sih rencananya. Tapi kok belum ada, ya sudah ditunggu saja semoga tidak lama lagi tiba di Surabaya sehingga bisa dilihat dari dekat dan mencobanya sendiri.

Anda juga berminat membeli Tata Nano? Semoga segera masuk Surabaya ya teman-teman! Nanti kita coba mobil ini rame-rame!

9 thoughts on “Harga Mobil Tata Nano di Indonesia

  1. Rian

    kapan mobil tata nano mulai di pasarkan di kota cirebon,?
    SEMOGA bisa cepat di pasarkan .

  2. Singgih

    Semoga segera di luncurkan di Surabaya, biar bisa beli. Lumayan lah harga segitu udah bisa buat 4 orang gak kepanasan gak kehujanan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *