Cara Kerja Pompa Air Tanpa Listrik Tenaga Surya

Pompa air tanpa listrik bukan tidak memakai listrik sama sekali. Melainkan memakai listrik non PLN. Listrik untuk menggerakkan mesin pompa air disuplay dari panel surya atau biasa dikenal dengan sebutan solar cell.

Nah penggunaan pompa air tanpa listrik ini sangat efektif untuk pengairan di daerah-daerah yang belum dijangkau oleh listrik dari PLN namun memiliki sinar matahari yang melimpah. Pengairan dimaksud bisa untuk pengairan sawah alias irigasi pertanian maupun untuk kebutuhan rumah tangga untuk mandi, air minum, memasak, mencuci baju dan lain sebagainya.

Di bawah ini contoh video instalasi pompa air tanpa listrik alias pompa air tenaga surya yang dilakukan oleh ATONERGI, salah satu perusahaan di Indonesia yang fokus menyediakan solusi listrik tenaga surya yang ramah lingkungan

Bagaimana Cara Kerja Pompa Air Tanpa Listrik ini?

Prinsip kerja pompa air tanpa listrik sebenarnya sangat sederhana, yaitu:

  1. Sinar matahari dikonversi menjadi tenaga listrik oleh panel surya yang di dalamnya terdapat ratusan sensor sel surya / solar cell.
  2. Listrik kemudian ditampung ke dalam media penyimpanan listrik, yaitu accu maupun baterai yang memiliki kapasitas mencukupi.
  3. Listrik dari baterai kemudian disalurkan ke mesin pompa air submersible alias pompa air bawah tanah sesuai dengan kebutuhan.

 

Biaya Pembuatan Pompa Air atanpa Listrik

Untuk membuat pompa air tanpa listrik tentu dibutuhkan biaya, yaitu untuk:

  1. Pengadaan komponen sel surya dan baterai penampung tenaga listrik
  2. Konstruksi untuk memasang panel surya serta baterai
  3. Pipa-pipa untuk menyalurkan air
  4. Kabel-kabel dan perlengkapan kelistrikan lainnya
  5. Biaya survey / studi sebelum pemasangan
  6. Biaya instalasi / pemasangan
  7. Biaya perawatan

 

ON Grid vs OFF Grid

Di dalam implementasi pompa air tanpa listrik tenaga surya, sering dikenal istilah ON GRID maupun OFF GRID. Hal tersebut menggambarkan bagaimana cara penyaluran tenaga listrik yang dihasilkan panel surya.

Listrik dari panel surya tersebut dalam dihubungkan dengan listrik PLN. Bisa juga berjalan sendiri tanpa ada hubungan sama sekali.

Ketika berada pada sistem ON Grid, maka kelebihan tenaga listrik yang dihasilkan akan dibeli oleh PLN dan nantinya akan mengurangi biaya berlangganan listrik yang kita konsumsi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *