Makmu Eatery Surabaya Ajarkan Bisnis Kopi Kepada Yatim Piatu

Makmu sejenis tempat makan dan ngopi di Jl.MERR Surabaya memiliki kepedulian yang tinggi kepada lingkungan sosialnya. Buktinya mereka menggelar 2 kegiatan untuk mengajarkan kewirausahaan kepada puluhan yatim piatu dan dhuafa yang dikemas apik dalam tema “Tresno Ning Makmu”

Acara pertama digelar pada tanggal 11 Februari 2018 yang diikuti oleh 50-an peserta berusia sekitar 10 tahun. Mereka diajarkan bagaimana membuat kue terang bulan alias martabak manis dan memberikan topping yang menarik sehingga memiliki rasa lezat dan nilai jual yang tinggi.

Acara kedua digelar pada tanggal 14 Februari 2018 yang juga diikuti oleh 50-an peserta berusia sekitar 15 tahun. Mereka diajarkan bagaimana membuat kopi yang enak dan bagaimana hitung-hitungan usaha warung kopi.

pemilik makmu eatery surabaya

makmu eatery warung kopi

makmu eatery yatim piatu duafa

Dalam acara kewirausahaan warung kopi ini anak-anak mendapat penjelasan dari 2 orang barista dari Makmu tentang bagaimana membuat kopi yang lezat. Mulai dari kopi saset hingga kopi yang digiling sendiri. Penyeduhannya mulai teknik seduh tubruk, hingga menggunakan alat seduh yang modern.

barista makmu eatery surabaya

Anak-anak tampak antusias menyimak penjelasan dari mas barista yang ganteng-ganteng itu. “Aduh baristane ganteng Rek!”, celetuk salah satu peserta perempuan yang mulai beranjak dewasa 🙂

Mas Chies, humas dari Makmu menjelaskan bahwa tujuan acara ini adalah untuk menumbuhkan jiwa kewirausahaan sejak dini kepada anak-anak yatim piatu dan dhuafa ini sehingga kelak mereka bisa mandiri sedini mungkin dengan membuka usaha.

“Ibaratnya, kita tidak mau hanya memberikan ikan, tapi kita juga mengajarkan bagaimana memancing ikan. Kalau dikasih ikan alias duit, nanti paling cepat habis, tapi kalau diajari bagaimana memancing ikan, alias bagaimana mencari duit, mereka akhirnya bisa mandiri”, jelas Mas Chies.

pak zainuddin usaha warung kopi makmu

Pak Zainuddin yang mendampingi para peserta mengungkapkan rasa terimakasih yang mendalam atas kepedulian Makmu dan berharap tidak berhenti sampai di sini. Namun jika suatu saat ada anak-anak ini yang ingin membuka usaha, maka Makmu diharapkan mau memberikan modal awal.

biji kopi sangrai makmu eatery

Selesai acara, seluruh peserta mendapatkan pembagian biji kopi yang sudah digoreng. Hal ini dimaksudkan untuk memancing anak-anak supaya terus terbayang-bayang dengan materi hari itu, dan suatu saat ada yang tergerak untuk membuat usaha warung kopinya sendiri.

2 thoughts on “Makmu Eatery Surabaya Ajarkan Bisnis Kopi Kepada Yatim Piatu

  1. Karpet Lantai

    Kepedulian merupakan salah satu cara kita berbagi kepada sesama terutama bagi mereka yang membutuhkan spesifik untuk yatim piatu, selamat buat panitia penyelenggara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *